Firefox Profile - Satu Browser Firefox, Banyak Pengguna | Teknoneta



Blog tentang ketertarikan penulis akan Teknologi, Komputer, Internet dan lain-lain. Sharing Tips, Info, Software, dan berbagai macam hal yang sebagian besar bersifat Gratis.

 Mozilla Firefox - Profile Tips

One Browser - Multiple User, begitu mungkin bila judul diatas ditulis dalam bahasa Inggris.

Pernahkah anda terpikir untuk menggunakan browser Firefox dengan settingan yang berbeda-beda untuk tujuan tertentu? Misalnya, suatu ketika anda ingin menggunakan Firefox yang memiliki add-on IDM untuk download streaming video dari internet, tapi pada kesempatan lain anda ingin menjalankan Firefox tanpa add-on satupun supaya jalannya tidak lambat...

Misalkan lagi anda menggunakan Firefox dengan bookmark yang sifatnya pribadi (18++ mungkin? ^^) dan ingin orang lain yang menggunakannya tidak bisa mengakses bookmark tersebut. Jika itu yang terpikirkan oleh anda, mungkin caranya adalah gunakan pengaturan profile pada Firefox. Bagaimana melakukannya?

Jika pada browser internet selain Firefox, Opera misalnya, hal ini mudah diakali. Cukup dengan install Opera kedalam folder yang berbeda-beda, maka browser yang digunakan pun bisa berbeda pengaturan. Simpelnya, dua Opera yang berlainan folder tersebut merupakan dua browser yang terpisah dan tidak berhubungan.

Lain halnya dengan Mozilla Firefox, walaupun kita gunakan salah satu Firefox dari dua folder yang terpisah, setting Firefox dari folder yang lain juga akan terbawa (misal: theme, add-on, bookmark yang sama). Hal ini dikarenakan Firefox menggunakan profile sebagai pengaturannya. Jadi biarpun menjalankan salah satu dari dua Firefox.exe yang berbeda dalam folder yang berbeda pula, tapi jika menggunakan profil yang sama, settingnya akan sama pula. Oleh karena itu pada artikel ini saya mencoba berbagi cara yang saya gunakan untuk menciptakan profile Firefox yang berbeda-beda. Langsung saja caranya ya...

 

Cara membuat profile Firefox yang berlainan:

1. Klik Start > Run. Kemudian ketik firefox.exe -p pada ruang kosong yang disediakan (lihat gambar). Maka kemudian akan muncul jendela yang saya beri kotak oranye seperti gambar kedua...

  Untitled-1
Klik untuk memperbesar

 

2. Klik Create Profile maka akan muncul jendela selanjutnya yang saya beri kotak kuning. Tuliskan nama profile yang anda kehendaki pada enter new profile name. Klik Choose Folder jika anda ingin menentukan dimana folder Firefox Profile akan anda letakkan. Selanjutnya klik Finish jika telah selesai, maka anda akan dibawa ke jendela sebelumnya. Profile Firefox yang baru saja anda buat akan tampil disini.

 


Membuat menghapus memilih profile firefox

Klik untuk memperbesar 

Jadi deh, begitu saja kok. Tidak susah kan? Cara ini sudah saya coba pada Windows XP. Untuk anda yang menggunakan OS lain, maaf yah, silahkan bereksperimen sendiri.. ^^. Tapi bila anda tahu inti dari cara ini, kemungkinan anda bisa mengutak-atik dan menerapkannya sendiri pada OS yang anda gunakan.

 

Untuk menjalankan Firefox dengan profil yang berbeda, ada dua cara yang dapat anda lakukan:

1. Dengan cara yang sama dengan saat pembuatan profile seperti diatas, Klik Start > Run. Ketik firefox.exe -p profilanda dan klik OK untuk menjalankan Firefox.
Atau bila anda memiliki dua Firefox di dua folder yang berbeda dan ingin menggunakan salah satunya, silahkan klik browse dan tentukan letak firefox.exe yang ingin anda jalankan. Setelah letak firefox.exe selesai anda tentukan, tambahkan -p profilanda dibelakangnya lalu klik OK. Atau dengan hanya menambahkan -p dibelakangnya, maka akan muncul menu pemilihan profile seperti pada saat pembuatan sebelumnya. Berikut gambarnya:

Membuka program dengan Command Run

2. Membuat shortcut. Sebenarnya adalah cara yang sama dengan menggunakan Command Run, hanya untuk mempermudah saja tanpa harus berulang kali mengetik saat ingin menjalankan Firefox. Caranya:
 Cara 1 membuat shortcut program Firefox

Klik untuk memperbesar

  • Klik Kanan pada ruang kosong jendela yang anda buka, sorot tulisan new lalu klik shortcut

Cara 2 membuat shortcut program Firefox Klik Untuk memperbesar

  • Klik browse dan tentukan letak firefox.exe yang ingin anda jalankan. Setelah letak firefox.exe selesai anda tentukan, tambahkan -p profilanda dibelakangnya lalu klik Next. Tentukan nama shortcut dan klik Finish

Sekarang, orang yang menggunakan browser Firefox pada PC anda bisa memiliki profil Firefoxnya sendiri-sendiri. Atau anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan anda yang berbeda-beda seperti contoh yang saya sebutkan di awal artikel. Saya sendiri biasa menggunakan cara ini supaya Firefox cepat terbuka. Anda tahu kan kalau dalam browser Firefox terinstall banyak add-on dan terdapat banyak bookmark, pasti booting/loading saat pertama kali menjalankan akan terasa lambat. Pada saat browsing pun bisa jadi browser bakal sedikit nge-lag/lambat, navigasinya jadi kurang lancar dan tidak nyaman deh. Solusi saya ya menggunakan cara ini.

Ada satu lagi tips Firefox yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari tips pada artikel ini: Menjalankan beberapa Firefox secara bersamaan. Bagaimana caranya? Tunggu artikel berikutnya ya, atau silahkan klik 「Link ini」 untuk mendapatkan update terbaru Teknoneta pada browser yang sedang anda gunakan.

Semoga Bermanfaat.

blog comments powered by Disqus

5 Artikel Terbaru

Arsip Artikel

Pesanmu

Yuk bertukar Link atau Banner (175x175)
Tinggalkan pesan di kotak dibawah ini ya...