Merubah IP pada Dynamic IP tanpa Mematikan Power Modem | Teknoneta



Blog tentang ketertarikan penulis akan Teknologi, Komputer, Internet dan lain-lain. Sharing Tips, Info, Software, dan berbagai macam hal yang sebagian besar bersifat Gratis.

Edited RK Launcher Icon  

Pertama, saya ingin sedikit menjelaskan tentang apa itu Dynamic IP address. Bagi yang sudah mengerti, lompati saja paragraf ini. Dynamic IP adalah IP yang berubah-ubah tiap kali kita tersambung ke Internet. Tiap kali kita menyalakan modem/router dan tersambung, kita akan diberi salah satu IP yang acak dari penyedia layanan. Jadi IP kita berbeda tiap kali tersambung Internet. Dynamic IP ini adalah kebalikan dari Static IP. Selengkapnya silahkan search Google yah.. ^^

IP yang berubah-ubah ini mungkin akan diperlukan bagi anda yang suka download gratisan dari situs online file sharing seperti Megaupload, Rapidshare, dll. Mematikan/menyalakan modem diperlukan untuk merubah IP yang telah didapatkan sebelumnya. Tapi pada artikel ini saya ingin membagi cara lain yang saya lakukan untuk mengubah IP pada Dynamic IP tanpa keluar-masukkan colokan modem ke listrik.

Sekedar informasi sebelumnya, saya menggunakan Telkom Speedy Time Base dengan modem ADSL buatan Allied Telesyn (AT-AR236E). Ada 2 cara saya mengetahui kalau IP yang saya gunakan adalah IP Dinamis, yaitu:

  1. Install add-on Firefox bernama External IP
  2. Mengunjungi situs berikut whatismyipaddres.com

Cara Mengetahui Jenis IP Dinamis atau Statis Klik gambar untuk memperbesar

Tiap kali saya matikan dan nyalakan kembali modem, saya coba cek dengan 2 cara tersebut. Dan IP address saya memang berubah, itu artinya saya memiliki Dynamic IP Address. Silahkan anda coba untuk mengetahui jenis IP Address anda..

Sudah anda coba? Apa jenis IP anda? Jika Dynamic, cara ini bisa anda lakukan untuk mengubahnya.

Yuk, ikuti langkah-langkahnya:
1. Jalankan browser internet favorit anda (terserah apa saja)
2. Pastikan power modem anda sudah on dan tersambung internet karena cara ini hanya dapat bekerja jika modem telah menyala. Atau pada saat anda sudah ber-internet beberapa lama dan kemudian ingin mengganti alamat IP.
3. Ketik dan buka http://192.168.1.1 (alamat IP default modem pada umumnya). Alamat IP modem ini biasanya dapat anda temukan pada lembar petunjuk instalasi modem yang disertakan. Dibawah ini contoh halaman Login-nya

 Halaman Login Modem Allied Telesyn Klik gambar untuk memperbesar

4. Login dengan Username dan Password yang biasanya juga telah disertakan
5. Disconnect sambungan, tunggu beberapa detik lalu connect-kan kembali. Pada step ini, masing-masing modem memiliki menu/interface yang berbeda. Sebagai contoh, saya sertakan gambar menu/interface pada modem Allied Telesyn (AT-AR236E) yang saya gunakan. Berikut contohnya:

Tampilan Interface Modem Allied TelesynKlik gambar untuk memperbesar

6. Setelah sudah tersambung kembali, coba di-cek dengan dua cara yang telah saya sebutkan sebelumnya
7. Voila! Berubah juga kan?! Jadi, cara ini fungsinya sama dengan mematikan dan menyalakan kembali power modem untuk merubah atau me-reset alamat IP pada Dynamic IP Address

Semoga bermanfaat.

blog comments powered by Disqus

5 Artikel Terbaru

Arsip Artikel

Pesanmu

Yuk bertukar Link atau Banner (175x175)
Tinggalkan pesan di kotak dibawah ini ya...