PingInfoView - Ping Secara Otomatis dan Sekaligus | Teknoneta



Blog tentang ketertarikan penulis akan Teknologi, Komputer, Internet dan lain-lain. Sharing Tips, Info, Software, dan berbagai macam hal yang sebagian besar bersifat Gratis.

Software Gratis Untuk Ping Otomatis

Ping menjadi lebih mudah dengan software gratis ini. Dengan PingInfoView kita tidak perlu lagi mengetik manual dan satu per satu seperti saat kita menggunakan Command Prompt, Ping bisa dilakukan untuk beberapa host/IP sekaligus, dan yang paling penting, proses Ping dijalankan secara otomatis.

Ping. Mendengarnya pertama kali saya bertanya-tanya, apa maksudnya? Apa juga fungsinya..? Aah, who cares!... Saya tahunya cuma ping-pong ^^. Saat itu memang saya tidak perduli, dan tidak ambil pusing. Sampai kemudian saat saya bermain game FPS* Operation Flashpoint secara Online, akhirnya muncul rasa keingin-tahuan saya.

Dari pengetahuan umum yang saya dapatkan, yang dimaksud Ping adalah: mengirimkan sinyal ke sebuah server/website/komputer lain dalam sebuah jaringan (internet) dan melihat responsnya. Cara ini digunakan untuk mengetahui apakah server/website/komputer lain itu masih aktif terkoneksi maupun untuk mengetahui berapakah kecepatan koneksi kita ke server/website/komputer lain itu. Itulah sekilas yang saya tahu mengenai Ping ini, CMIIW*. Jika belum jelas, silahkan baca artikel ini lebih lanjut untuk contoh kasusnya sekalian dengan software gratisnya.


Kasus pertama... (Klik untuk membaca)

Saat itu saya sedang asik main game tembak-tembakan, Operation Flashpoint namanya. Iseng-iseng saya coba nyalakan internet dan mencoba fitur multiplayer yang ada. Tidak disangka eh kok bisa, muncul nama server-server OFP dari luar negeri beserta tulisan "Ping" yang satuannya dalam ms (milisecond). Ya karena belum tahu, saya pilih server dengan "Ping" paling besar ms-nya. Pikir saya makin besar ms-nya, semakin cepat koneksinya. Seperti saat download/upload, semakin besar KB/s-nya, semakin cepat waktu download/uploadnya. Eit, tunggu, jangan ambil kesimpulan dulu karena yang saya sebutkan barusan itu salah. Lihat gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar):

Contoh Kecepatan Ping Server OFP

Setelah masuk server dan saat berada di ruang tunggu sebelum memulai game, eh, ada yang ketawain. Dia bilang "Ping" saya terlalu besar. Dan kagetnya, tanpa ba-bi-bu, saya di-kick keluar dari server. What the F**k!! ^^. Akhirnya saya masuk server dengan "Ping" yang lebih kecil. Disana saya diterima cukup baik walaupun "Ping" saya masih cukup besar. Saya bahkan sempat bertanya tentang apa sih "Ping" itu? Apa sih efeknya?

Ternyata, semakin kecil "Ping"-nya (dalam ms), artinya semakin cepat koneksinya. Karena dengan semakin kecil "Ping", lag yang terjadi saat kita bermain Online juga semakin sebentar (kecil) alias game bisa berjalan lebih lancar.

Kasus kedua... (Klik untuk membaca)

Semua yang disini sudah tahu Rapidshare kan? Kalau belum, silahkan cari sendiri di Google ^^ atau tunggu saja artikelnya di blog ini (tidak janji ya, hehehe). Yang sudah pada tahu apa itu Rapidshare, pasti tahu kan kalau Rapidshare menyediakan banyak server untuk download? Apa saja: Cogent, TeliaSonera, Global Crossing, Level 3, dan beberapa lainnya. Mana yang paling cepat? Nah itu juga yang saya ingin ketahui. Caranya? Ada yang bilang bisa dengan cara "Ping".

Saya agak lebih mengerti setelah tahu lebih lagi tentang "Ping" dari kasus pertama diatas. Saya coba deh dengan Command Prompt. Dan hasilnya, server Cogent ternyata yang memiliki rata-rata "Ping" paling kecil (dalam ms). Dan benar, kecepatannya sedikit lebih cepat daripada server yang lain. CMIIW* kalau tidak berhubungan.

Saya menyebutkan Command Prompt ya dari kasus kedua? Yup, untuk cari tahu Ping, kita bisa menggunakan Command Prompt. Tapi itu cerita dulu. Cerita yang sekarang, saya selalu memakai PingInfoView untuk cek "Ping", karena lebih mudah, cepat, praktis, dan otomatis. Berikut kutipan dari Official Website PingInfoView:

PingInfoView is a small utility that allows you to easily ping multiple host names and IP addresses, and watch the result in one table. It automatically ping to all hosts every number of seconds that you specify, and displays the number of succeed and failed pings, as well as the average ping time. You can also save the ping result into text/html/xml file, or copy it to the clipboard.

Tidak perlu mengetik manual lagi dengan Command Prompt, dengan PingInfoView kita cukup tuliskan beberapa alamat website/server, lakukan sedikit pengaturan, dan kemudian siap untuk kita mulai Ping. Berikut contoh gambarnya (klik untuk memperbesar):

Aplikasi Automatic Ping-er

Ping Otomatis - Banyak Sekaligus

Apa saja fitur menarik PingInfoView ini:

  • Mudah Digunakan
  • Multiple Host Names and IP Adresses (dapat melakukan Ping pada banyak alamat website/server sekaligus)
  • Refresh Ping sesuai jeda waktu yang kita tentukan
  • Informasi hasil Ping yang detail, seperti: Hasil Ping Barusan, Hasil Ping Sebelumnya, Waktu Ping Rata-Rata, Jumlah Keberhasilan Ping, Jumlah kegagalan Ping, Persen kegagalan Ping, dan lain-lain
  • Informasi hasil Ping bisa di-export dan ditampilkan dalam format HTML

Saya cukup terbantu dengan menggunakan PingInfoView. Silahkan anda coba sendiri menggunakan Software Networking & Internet Tool gratis ini dan rasakan kemudahan serta kepraktisannya.

Versi: 1.20
Publisher: www.nirsoft.net
Harga: Gratis (Freeware)
Kompatibel pada Operating System: Windows 2000, Windows XP, Windows Vista

Untuk info lebih lengkap mengenai software ini, kunjungi websitenya di www.nirsoft.net atau silahkan download langsung di blog ini:

Download

*CMIIW = Correct Me If I'm Wrong
FPS = First Person Shooting
Review dibuat berdasarkan pengalaman penulis menggunakan software ini, Apabila ada yang ingin berbagi pengalaman, memiliki komentar, pertanyaan, saran, kritik atau apapun. Silahkan anda sampaikan pada kotak komentar dibawah. Terima Kasih...

 



blog comments powered by Disqus

5 Artikel Terbaru

Arsip Artikel

Pesanmu

Yuk bertukar Link atau Banner (175x175)
Tinggalkan pesan di kotak dibawah ini ya...